Selasa, 26 Mei 2009

Pendidikan Tinggi 3.5

PENDIDIKAN TINGGI: UIN SGD Jadi Universitas Dunia

BANDUNG (Ant/Lampost): Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati (UIN SGD) Bandung terus melakukan pembenahan sebagai persiapan menghadapi persaingan global menjadi universitas berskala internasional.
"Kami terus melakukan persiapan guna mencapai target menjadikan UIN SGD sebagai universitas berskala internasional pada 2020," kata Rektor UIN SGD Prof. Dr. H. Nanat Fatah Natsir, M.S., pada pidato dies natalis ke-41 di Bandung, Rabu (8-4).
UIN SGD terus menjajaki kerja sama dengan berbagai pihak baik di dalam maupun luar negeri yang menunjang peningkatan lembaga pendidikan tinggi tersebut. Juga terus disiapkan membuka kelas internasional untuk mahasiswa asing, sebagai salah satu upaya pencapaian target berskala internasional.
Sementara itu, Wakil Gubernur Jawa Barat Dede Yusuf dalam sambutannya mendukung upaya UIN SGD menjadi universitas kelas dunia. Lulusan UIN SGD harus mampu bersaing dengan sumber daya manusia (SDM) dari perguruan tinggi ternama internasional.
Sebelumnya, Universitas Diponegoro (Undip) Semarang juga bertekad menjadi universitas riset berkelas dunia yang pada tahap awal 2000--2005 melakukan efisiensi internal dan memperbanyak kegiatan penelitian.
Rektor Undip Prof. Susilo Wibowo dalam pidato dies natalis ke-50 Undip di Semarang, mengatakan untuk mencapai sasaran universitas riset berkelas dunia pada 2025, pihaknya membagi lima fase pengembangan.
Fase pertama melakukan efisiensi internal, kemudian pada 2005--2010 persiapan sebagai universitas riset, kemudian pada 2010--2015 memasuki fase embrio universitas riset, lalu lima tahun kemudian universitas riset, dan pada 2020--2025 penguatan universitas riset, yang pada fase ini Undip akan bersaing dengan perguruan tinggi terkemuka di dunia.
Menurut Susilo, Undip memiliki modal untuk memasuki gelangan percaturan akademik dan riset di tingkat internasional, sebab menurut Times Higher Education Survey (THES) Oktober 2006, perguruan tinggi terbesar di Jateng ini menempati posisi 495 perguruan tinggi terbaik di dunia dari sekitar 11 ribu PT yang disurvei.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar