Rabu, 27 Mei 2009

RESUME BUKU

Revolusi terbaru dalam sejarah: Kekuatan yang akan mengubah hidup anda
Revolusi Cara Belajar ( Learning Revolution ) didasarkan pada depalan keyakinan utama:
1. Dunia sedang bergerak sangat cepat melalui titik-balik sejarah yang amat menentukan.
2. Kita hidup di tengah revolusi yang mengubah cara kita hidup, bekomunikasi ,berpikir, dan mencapai kesejahteraan.
3. Revolusi ini akan menetukan cara kita dan anak-anak kita berkerja, mencari nafkah, dan menikmati hidup secara keseluruhan.
4. Untuk pertama kalinya dalam sejarah, hampir segala hal mungkin dilakukan.
5. Di setiap Negara mungkin hanaya ada 1 dari setiap 5 orang yang tau benar cara memanfaatkan gelombang perubahan ini dengan cerdik bahkan di negara maju.
6. Jika tidak mampu mencari alternatif penyelesaian atas persoalan tersebut, 20% elit tersebut akan menikmati 60% pendapatan nasional, sedangakan 20% yang termiskin hanya mengecap 2%. Itulah kondisi yang memastikan terjadinya kemiskinan, kegagalan sekolah, dan lain-lain.
7. Kita membutuhkan revolusi belajar untuk mengimbangi revolusi informasi agar dapat menikmati keuntungan bersama dari potensi (sumber daya manusia) yang luar biasa.
8. Untungnya, revolusi tersebut yang membantu kita mempelajari segela hal secara lebih cepat dan lebih baik – juga berjalan semakin cepat.

16 kecenderungan utama yang akan membentuk masa depan.
Kita adalah generasi pertama yang hidup di zaman baru: di zaman yang menawarkan pilihan masa depan yang tak terbatas, ketika segala sesuatu mungkin di lakukan. Masa depan bergantung pada kemampuan mereka dalanm menyerap berbagai konsep baru, menentukan brbagai pilihan baru, dan belajar serta bradaptasi sepanjang hidup. Kekuatan otak, pengetahuan, dan kratifitas manusia akan menggantikan mesin dan bangunan sebagai modal utama dalam masyarakat.
Gagasan utama adalah bahwa dibutuhkan metodee belajar baru jika masyarakat ingin memetik manfaat. Hal ini bukan hanya bagi genrasi muda, tetapi juga bagi generasi tua.
16 kecenderungan utama yang menentukan bagaimana cara kita belajar:

1.Zaman komunikasi instan
Teknlogi penyimpanan dan penyajian informasi telah berkembang luar biasa, memungkinkan orang untuk mengakses informasi secara instan dalam berbagai bentuk.
Rumah akan menjadi tempat vital dalam belajar, bekerja, dan menikmati hiburan. Al ini akan mengubah sekolah, bisnis, pusat perbelanjaan, perkantoran-ringkasnya mengubah hampir seluruh konsep kita tentang kerja.

2.Dunia tanpa batas-batas ekonomi
Secara tak terelakan, kita juga bergerak menuju sebuah dunia yang memungkinkan sebagian besar perdagangan menjadi tak terbatas layaknya internet. Memang, ada kecenderungan jangka pendek yang ingin melindungi pendapatan sector pertanian di berbagai beberapa Negara.
Aset Negara akan sangat bergantung pada kemampuan warganya dalam mempelajari keterampilan baru, khususnya dalam mendefinisikan masalah, meciptakan solusi, dan meningkatkan nilai-tambah.

3.Empat lompatan ekonomi dunia-tunggal
1. Konstinuitas kepemimpinan Amerika dibiang-bidang strategis seperti inovasi elektronik dan juga kepemimpinan di dunia “konvergensi” yang baru.
2. Kelahiran kembali Eropa sebagai entitas ekonomi tunggal, sebagai model bagi komunitas terpadu.
3. Munculnya “macam-macam ekonomi” yang dinamis sebagai model bagi Negara kecil.
4. Kebangkitan Cina, Negara berpenduduk terbanyak didunia, sebagai model bagi Negara terbelakang dengan penduduk besar.

4 Perdagangan dan pembelajran melalui internet
Dengan mengkaitkan keempat kecenderungan di atas dengan dunia perdagangan dan pendidikan, kita memperoleh gambaran mengagumkan tentang dunia masa depan. Seperti ditunjukan dalam Proyek Li, orang tidak hanya dapat berkomunikasi cepat keseluruhan penjuru dunia, tetapi mereka dapat berdagang dan belajar secara instant pula.

5.Masyarakat layanan baru
Beberapa kalangan menyebut masadepan kita sebagai “ekonomi layanan baru”. Namun, pengertian “manufaktur” dan “layanan” akan menjadi kadaluwarsa. Semakin banyak manufaktur yang dikombinasikan dengan layanan: disesuaikan untuk setiap individu-seperti halnya perangkat keras computer saat ini mewakili sebaian kecil dari layanan total yang disediakan oleh perusahaan computer.
Masih banyak pendidikan yang menyerupai metode produksi industri yang semakin tidak popular: sistem kurikulum ban-berjalan standar yang dibagi menjadi mata pelajaran, diajarkan per unit, diatur berdasarkan kelas, dan diuji dengan tes standar. Hal ini tidak lagi mencerminkan dunia tempat kita hidup. Dan sistem pendidikan tradisional tidak akan dapat lagi melingkupi ralitas baru.

6.Penyatuan yang besar dengan yang kecil
Dalam ekonomi industri tradisional, ukuran perusahaan sangatlah berpengaruh. Perusahaan besar saja yang sanggup membeli komputer raksasa-waktu itu merupakan puncak prestasi elektronika. Teknologi ini ikut memicu senralisasi birokrasi, pengambilalihan, akuisisi, dan merger. Kini kebanyakan komputer raksasa itu telah kadaluwarsa. Dunia di kuasai oleh komputer mini. Perusahaan besar memang masih bertahan. Kebanyakan dari mereka, seperti GE, sedang mengalami pertumbuhan pesat.
Struktur ogranisasi akan berubah dengan cepat. Perusahaan raksasa yang masih berjaya kini di bagi-bagi menjadi puluhan tim proyek kecil. Masing-masng bertindak dan mengatur sendiri, mengilangkan spesialisasi lama, hierarkipiramida bisnis lama dan gaya manajemen militer yang sudah usang.

7.Era baru kesenangan
Pariwisata adalah salah satu industri yang mampu menciptakan banyak lapangan kerja baru. Untuk melaksanakannya, dibutuhkan peningkatan dalam pelatihan bahasa asing, pengetahuan budaya, pelayanan yang ramah, dan menciptakan pengalaman liburan yang menarik. Dan tugas pendidikan yang tak kalah pentingnya adalah membantu menyiapkan setiap warga negara untuk memasuki era yang menyenangkan

8.Perubahan bentuk kerja
Handy meramalkan bahwa dalam waktu singkat tenaga kerja yang bekerja purna-waktu di perusahaan tradisional akan menyusut. Orang-orang yang sangat terdidik, yang mulai bekerja pada pertengahan usia 20-an dengan kualifikasi sarjana atau pascasarjana, akan menyediakan layanan inti manajemen yang esensial. Sisanya, akan bekerja dalam tiga kelompok terpisah.
Kelompok pertama melibatkan tim proyek: bekerja bersama untuk menangani proyek tertentu , biasanya dalam jangka waku singkat. Ini akan menjadi metode pekerjaan yang dominan pada dasawarsa mendatang. Dan tuntutannya akan menimbulkan tantangan besar bagi dunia pendidikan. Pola-kerja tim proyek ni jelas: setiap orang adalah seorang ahli yang mandiri dan berpikiran terbuka, yang bekerja sama di dalam tim yang terbuka, untuk menemukan solusi.
Kelompok kedua adalah pekerja separuh waktu dan musiman: bekerja dua atau tiga kali seminggu di supermarket, atau akhir minggu atau musim panas di industri pariwisata akan menjadi wadah bagi yang tenaga kurang terampil. Yang mengisi posisi ini adalah kelas pekerja kasar; kasir toko beupah rendah; pelayan restoran siap-saji separuh waktu di saat ramai.
Kelompok ketiga adalah orang-orang yang bekerja mandiri atau sebagai kelompok keluarga: mengerjakan jenis pekerjaan yang mereka sukai. Memungkinkan siapa saja yang berkompeten, untuk menjual barang dan jasa kepada siapapun. Keluarga akan mampu untuk menawarkan apa saja, dari rumah hiburan hingga ide.

9.Perempuan sebagai pemimpin
Naisbitt mengatakan bahwa peningkatan jumlah perempuan dalam posisi pemimpin saat ini sedang menanjak. Perempuan menciptakan berbagai perusahaan baru dengan kecepatan dua kali lipat daripada pria.The Economist mengamati bahwa anak perempuan di berbagai Negara tampak mengungguli anak lelaki sebelum mulai sekolah dan sampai akhir sekolah lanjutan. Di berbagai tempat lain, perempuan belum mendapatkan kesempatan. Tak diragukan lagi, masih terjadi diskriminasi gender yang sering mengerikan. Namun, ketika pembatasan-pembatasan terhadap perempuan dhapus, mereka mampu melejit. Tidak diragukan lagi, bahwa dalam banyak hal, perempuan menyajikan perspektif yang beragam.



10.Penemuan terbaru tentang otak yang mengagumkan.
Beberapa kalangan mengatakan bahwa 1970-an adalah dekade eksplorasi angkasa 1980-an : dekade pertumbuhan ekonomi, dan 1990-an : dekade penemuan ruang batin ketika akhirnya orang menghargai dan memanfaatkan potensi luar biasa otak manusia. Bagi siapapun yang terlibat didunia pendidikan, dia akan di pandang sebgai produk cermerlang dari sistem pendidikan yang baik.

11.Nasional budaya
Dengan semakin mengarah ke ekonomi dunia-tunggal, kita semakin mengembangkan gaya hidup global. Akan tetapi, kita juga mengamati kecenderungan yang berlawanan, yang disebut oleh Naisbitt sebagai nasionalisme budaya. Akan tetapi, tantangan positif bagi dunia pendidikan juga tampak jelas. Semakin berkembangnya teknologi, semakin subur pula upaya melestarikan warisan budaya kita dalam bentuk musik, tarian, bahasa, seni, dan sejarah.
Di dalam komunitas individual yang mengilhami arah baru pendidikan, khususnya di antara kelompok minoritas, kita akan melihat praarsa budaya yang aan berkembang dan peningkatan harga diri yang luar biasa.

12.Kelas bawah yang makin besar
Berbagai data statistik menunjukkan bahwa anggota kelas bawah ini sering terjebak dalam lingkaran setan. Pada 1970 Alvin Toffler telah meramalkan dalam Future Shock tentang munculnya era keretakan keluarga: banyaknya perceraian, berubahnya gaya hidup, dan pecahnya keluarga inti. Hampir semua ramalanya terbukti. Dan ketika keretakan keluarga bergabung dengan pengangguran, ia berubah menjadi malapetaka sosial. Pendidikan adalah kunci utama untuk membuka masa depan alternatif.

13.Semakin besarnya jumlah manula
Dunia ekonomi mengakami perubahan dramatis, begitu pula demografi. Dan kecenderungan paling menonjol di negara maju adalah terjadinya penuaan populasi. Dengan tingkat pertumbuhan saat ini, populasi yang berumur lebih dari 60 tahun akan meningkat menjadi 1 miliar. Generasi berusia 60 ke atas itu juga mewakili salah satu sumber daya terbesar yang belum dimanfaatkan demi masa depan pendidikan.

14.Ledakan praktik mandiri
Era industri juga melahirkan fenomena lain: pencampurbauran struktur dengan realitas. Bersamaan dengan munculnya perusahaan besar yang menyediakan produksi massal bagi jutaan orang, bermunculan pula perusahaan raksasa yang “menghasilkan” kesehatan dan pendidikan. Dan kita sulit membedakan pendidikan dengan persekolahan, kesehatan dengan penyembuhan dan rumah sakit, hukum dengan penasiahat hukum.

15.Perusahaan kooperatif
Tahun 1990-an dimulai dengan keruntuhan komunisme model Soviet, dan berharap bahwa dekade yang baru juga menyaksikan kemunduran kapitalisme model kasino. Dalam The 100 Best Companies To Work For in America, hampir setiap perusahaan yang telah terdaftar merintis bentuk ikatan kerja baru: kemitraan, kepemilikan saham, pembagian laba, pendidikan berkelanjutan, pembagian kerja, sistem kerja yang fleksibel, tim proyek, dan banyak lagi.

16.Kemenangan individu
Di seluruh dunia kita menyaksikan kebangkitan kekuatan dan tanggung jawab individu seiring dengan semakin banyaknya orang yang mampu menciptakan masa depannya sendiri. Konsumen individual adalah raja dan ratu yang memiliki hak dan kemampuan untuk memilih dari berbagai produk dan jasa terbaik di seluruh dunia. Yang akan melibatkan kita semua dalam memilih pendidikan kita sendiri dan dalam sistem pendidikan terbaik dari seluruh dunia: sebuah perubahan yang berpotensi revolusioner. Dengan menangkap seluruh kesempatan, kita bukan hanya mengubah wajah pemerintahan dan industri tetapi juga sifat dunia tempat kita hidup, dan sifat pendidikan serta sistem belajar yang akan mengantarkan kita ke masa depan.

13 langkah menuju masyarakat pembelajaran di abad ke-21
Jika tujuan kita hanyalah menciptakan sekolah-sekolah terbaik di dunia, jawabannya sanagtlah sederhana: temukan ide-ide terbaik yang telah teruji dan kaitkan hal itu dengan kebutuhan kita. Akan tetapi, revolusi yang sebenarnya bukan hanya soal persekolahan, melainkan soal pembelajaran: menemukan cara belajar, cara berpikir, dan teknik-teknik baru yang dapat diterapkan pada masalah dan tantangan apapun, untuk semua tingkat usia. Revolusi pembelajaran total akan melibatkan lebih dari sekadar masalah persekolahan. Dari berbagai kalangan yang saling berkaitan, sekolah dan dunia bisnis bersama-sama merancang kembali masa depan kita. Untuk mencapai masyarakat pembelajar, ada 13 langkah yang saling berkaitan yaitu:
1. Peran baru komunikasi elektronik
Kini adalah era pertama ketika anak-anak lebih menguasai teknologi dominant dibandingkan para guru dan orangtua. Revolusi gabungan Internet-komputer-World Wibe Web ini membentuk generasi baru lebih dahsyat dibandingkan revolusi yang dipicu oleh teman percetakan, radio, mobil, dan televisi.Yang mengherankan, tidak ada negara yang mencanangkan program nasional untuk menghubungkan setiap arga negara ke jaringan komunikasi elektronik yang instan dan interaktif.
Jika kita tidak memanfaatkan sepenuhnya komunikasi elektronik dalam pendidikan, kita akan seperti nenek moyang kita yang gagal menggunakan alfabet, menolah mencetak buku, atau masih menggosok-gosokkan batang kayu untuk menciptakan api. Namun, bangsa yang benar-benar memanfaatkan ledakan komunikasi digital, dan menghubungkannya dengan teknik-teknik pembelajaran baru, niscaya akan memimpin dunia di bidang pendidikan.

2. Pelajari komputer dan internet
Kami tidak terlalu menekankan pentingnya mempelajari secara khusus kecakapan bisnis sejak dini. Bagi abad ke-21, komputer dan internet adalah seperti halnya telepon bagi abad ke-20 bahkan lebih dahsyat lagi.


3. Perlunya perombakan dramatis dalam pendidikan orangtua
Sebagian besar peneliti tentang otak berkesimpulan bahwa 50 persen kemampuan belajar manusia berkembang dalam empat tahun pertama. Itu bukan berarti 50 persen pengetahuan atau kebijaksanaan, melainkan bahwa pada tahun-tahun awal itulah otak bayi membentuk 50 persen dari koneksi-koneksi sel otak utama jalur-jalur yang siap menimpan semua pengetahuan di masa depan.
Di negara maju, kurang dari 50 persen calon ibu lebih sedikit lagi calon ayah yang mau menghadiri pelatihan pralahir. Bahkan, pelatihan pralahir sering hanya membicarakan kelahiran itu sendiri. Nyaris tak ada sama sekali pendidikan tentang keayahbundaan (parenting): tidak ada pelatihan tentang pengaturan makanan yang diperlukan untuk pertumbuhan otak, atau tentang rangsangan terbaik yang dibutuhkan oleh anak-anak.

4. Prioritas layanan kesehatan bagi anak-anak
Jika tahun-tahun pertama adalah saat sangat penting untuk pembelajaran, sembilan bulan sebelum kelahiran dan lima tahun pertama adalah saat paling penting bagi kesehatan. Pengaturan makanan yang baik dan bergizi sangatlah penting untuk proses belajar, dan begitu juga dengan pemeriksaan kesehatan secara rutin.
Di negara-negara kaya hampir 20 persen anak-anak menderita infeksi telinga. Jika tidak terdeteksi dan tidak diambil tindakan, penyakit ini bisa mengakibatkan kopokan (saluran telinga terhalang oleh cairan lengket seperti lem). Jika hal tu terjadi pada kedua belah telinga, anak-anak bisa kehilangan pendengarannya. Dan jika anak-anak tidak dapat mendengar pada tahun-tahun yang sangat penting bagi perkembangan kemampuan berbahasa sejak lahir hingga berusia empat tahun dia dapat menjadi tuli seumur hidup.

5. Program pengembangan anak-anak
Prioritas di kebanyakan negara justru sebaliknya. Subsidi per mahasiswa saat ini di berbagai universitas sangatlah besar, jauh lebih besar daripada sekolah dasar dan sekolah lanjutan dan semuanya itu lebih mahal daripada taman kanak-kanak. Pembalikan prioritas ini haruslah menjadi program nasional.

6. Kita dapat mengejar ketertinggalan pada usia berapa saja
Ada banyak sekali program persamaan, kebanyakan untuk tingkat sekolah dasar. Namun, memulainya di tingkat sekolah lanjutan tidak mustahil bagi sebagian orang. Dan kebanyakan teknik pembelajaran baru dapat juga digunakan secara efektif bagi pembelajaran dan pengajaran untuk orang dewasa.

7. Melayani setiap gaya belajar individu
Setiap orang memiliki gaya belajar dan gaya bekerja yang unik. Sebagian orang lebih mudah belajar secara visual: melihat gambar dan diagram. Sebagian yang lain secara auditorial: suka mendengarakan. Dan yang lain adalah pelajar haptic: menggunakan indra perasa (pelajar tactile) atau menggerakkan tubuh (pelajar kinestetik). Beberapa orang berorientasi pada teks tercetak: membaca buku. Serta dengan “kelompok interaktif”: berinteraksi dengan orang lain.
Namun, saat ini banyak anak-anak yang putus sekolah lanjutan karena gaya belajar mereka tidak sesuai dengan gaya belajar yang diterapkan di sekolah. Akan tetapi, merancang kurikulum sekolah yang memungkinkan setiap para pelajar diuji untuk menemukan gaya belajar sendiri-sendiri atau yang melatih para guru untuk mengetahui gaya belajar mereka, bukanlah hal mustahil. Jika hal itu bisa dilakukan, setiap gaya belajar anak semestinya dapat dilayani di sekolah.

8. Belajar tentang cara belajar dan cara berpikir
Ada dua mata pelajaran yang harus membentuk inti dari persekolahan, masing-masing diintegrasikan ke dalam seluruh pelajaran: belajar tentang cara belajar dan cara berpikir. Pertama, mempelajari cara otak bekerja, cara memori bekerja, cara kita menyimpan informasi, mengambilnya, menghubungkannya dengan konsep lain, dan mencari pengetahuan baru, kapan pun anda memerlukannya dengan cepat. Sistem-sistem berkarakter sama yaitu: mendorong kita untuk menggunakan seluruh “kecerdasan” dan indera untuk belajar dengan lebih baik: melalui musik, irama, rima, gambar, perasaan, emosi, dan tindakan. Yang mengagumkan adalah bahwa metode belajar terbaik, ternyata mirip dengan metode belajar pada diri anak-anak.

9. Apa yang seharusnya diajarkan di sekolah?
Hampir di seluruh dunia terjadi perdebetan tajam tentang apa yang seharusnya diajarkan di sekolah. Sedikitnya ada empat mazhab kurikulum ditambah mazhab kelima yang kini tumbuh dengan cepat.
Pertama, esensialisme. Konsepnya adalah guru harus mengajari siswa pengetahuan inti dari mata-mata pelajaran esensial, dengan jumlah yang sangat terbatas.
Kedua, ensilopedisme. Konsepnya adalah materi pendidikan harus mencakup seluruh pengetahuan manusia, dengan menggunakan “buku-buku ajar” berilustrasi untuk setiap mata pelajaran.
Ketiga, pragmatis. Konsep pendidikan yang berpusat pada anak.
Keempat, progresif aliran pertama. Konsepnya adalah pendidikan harus berpusat pada anak dan kurikulumnya harus dirancang berdasarkan kebutuhan pribadi detiap anak.
Kelima, progresif aliran kedua. Konsepnya adalah “berpusat pada masyarakat” diusulkan oleh pera pendidik yang menganggap tujuan utama pendidikan adalah merekonstrksi masyarakat.
Setiap lulusan sekolah seharusnya dapat mengeja, membaca, menulis, dan memahami dasar-dasar matematika, sejarah, gegrafi, ilmu-ilmu fisika, musik, dan masih banyak lagi. Kita sangat perlu menghasilkan para akademisi dan ilmuwan besar. Namun, mengingat terjadinya perubahan terus-menerus dalam masyarakat, semakin pentinglah bagi setiap lulusan sekolah untuk memiliki kemampuan dalam bertindak, belajar, dan mengatur masa depan sendiri secara mandiri.

10. Belajar dengan empat tingkat
Mata pelajaran apapun yang diambil para siswa, tolok ukur sesungguhnya dalam sistem pendidikan masa depan adalah seberapa besar kemampuannya dalam membangkitkan gairah belajar secara menyenangkan. Dalam setiap sistem yang terbukti berhasil yang kami pelajari di seluruh dunia, citra diri ternyata lebih penting daripada materi pelajaran. Yang juga sama pentingnya bagi mereka yang putus sekolah adalah kebutuhan untuk mempelajari keterampilan hidup. Empat tingkat kurikulum yang harus ditekankan:
a. Citra diri dan perkembangan pribadi,
b. Pelatihan keterampilan hidup,
c. Belajar tentang cara belajar dan cara berpikir,
d. Kemampuan-kemampuan akademik, fisik, dan artistic yang spesifik.

11. Tiga tujuan belajar
Belajar seharusnya memiliki tiga tujuan:
a.Mempelajari keterampilan dan pengetahuan tentang materi-materi pelajaran spesifik dan anda dapat melakukannya dnegan lebih cepat, lebih baik, dan lebih mudah.
b.Mengembangkan kemampuan konseptual umum mampu belajar menerapkan konsep yang sama atau yang berkaitan dengan bidang-bidang lain.
c.Mengembangkan kemampuan dan sikap pribadi yang secara mudah dapat digunakan dalam segala tindakan kita.

12. Dimana seharusnya kita mengajar?
Dalam sejarah dunia, sekolah dengan ruang-ruang kelasnya adalah sebuah konsep yang sangat baru. Kami berpendapat bahwa sekolah perlu diubah menjadi pusat pembelajaran masyarakat seumur hidup dan mungkin juga pusat kesehatan dan pendidikan orangtua.

13. Berpikirlah terbuka dan komunikasikan dengan jernih
Kami juga meminta kepada siapapun yang terlibat di dunia pendidikan, pembelajaran, dan persekolahan agar selalu membuka pikiran, dan mengkomunikasikan capaian-capaian penelitian secara faktual, jujur, dan jelas. Masa depan jutaan anak telah dirusak oleh penyebaran teori-teori pendidikan yang telah terbukti kesalahannya.

Anda adalah pemilik computer terhebat di dunia
Sejak hari-hari pertama kehidupan, sel-sel membentuk koneksi belajar (sinapsis) dengan kecepatan yang luar biasa: 3 miliar per detik. Koneksi tersebut adalah kunci dari kekuatan otak. Cara mengeksplorasinya yaitu:
1. Keempat bagian otak anada adalah satu kesatuan
Otak memiliki dua sisi: masing-masing mengontrol fungsi yang berbeda dan memproses informasi dengan cara yang berbeda dan kedua sisinya dihubungkan oleh sistem relai elektronis dan kimiawi mengagumkan yang masing-masing memiliki 300 juta sel saraf.
Otak bawah atau batang otak: mengendalikan sebagian besar naluri anda, seperti bernapas dan detak jantung.
Pusat otak: mengendalikan emosi anda.
Otak bagian atas: memungkinkan anda untuk berpikir, berbicara, bernalar, dan mencipta. Yang terselip di belakangnya: serebelum yang berperan menyimpan “memori gerak”.
Anda menggunakan berbagai bagian dari otak untuk menyimpan, mengingat, dan mengambil informasi. Bagian otak mengendalikan fungsi-fungsi sederhan: pernapasan, detak jantung, dan banyak naluri dasar yang lain. Banyak imluwan percaya bahwa manusia adalah hasil akhir dari proses evolus selama empat miliar tahun.

2. Neuron, dendrite, sel glial, dan sistem penyelubungan
Setiap neuon kita yang berjumlah100 miliar itu adalah sebuah komputer maya yang berdiri sendiri. Masing-masing mampu mengembangkan antara 2.000 dan 20.000 cabang disebut dendrit. Seluruh dendrite kemudian, anak dikelilingi hingga 900 miliar sel “glial”. Seluruh bagian ini terhubung untuk membentuk komputer paling alami dan unik di dunia jika kita bisa menyebutnya demikian, ia tampak seperti eksistem yang dapat memperbaharui dirinya sendiri.

3. “Pusat-pusat kecerdasan” anda
Gardner berkata bahwa setiap orang memiliki dua tipe kecerdasan:
Pertama, kecerdasan linguistik: kemampuan membaca, menulis, dan berkomunikasi dengan kata-kata.
Kedua, kecerdasan logika dan matematika: kemampuan untuk menalar dan menghitung.
Dan Gardner mempertimbangkan adanya satu kecerdasan lagi yaitu “kecerdasan naturalis”: kemampuan untuk bekerjasama dan menyelaraskan diri dengan alam.
Kecerdasan pada karya-karya awalnya:
a.Kecerdasan musikal: berkembang dengan sangat baik pada komposer, konduktor, dan musisi terkenal.
b.Kecerdasan spasial dan visual: kemampuan pada arsitek, pematung, pelukis, navigator, dan pilot.
c.Kecerdasan kinestetik (Fisik): berkembang pada atlet, penari, pesenam, dan mungkin para ahli bedah.
d.Kecerdasan interpersonal: kemampuan dengan orang lain: penjual, motivator, dan negosiator.
e.Kecerdasan Intrapersonal (Introspektif): kemampuan memiliki warisan, mengetahui jati diri, jenis kemampuan yang melahirkan intuisi yang luar biasa.

4. Kedua sisi otak anda
Lihatlah hasil scan elektronik otak anda akan melihat bagian-bagiannya memproses tipe-tipe informasi yang berbeda. Kita menyerap informasi melalui kelima indera utama: lihat, sentuh, dengar, baui, dan cicipi.
Otak kiri memainkan peranan dalam memproses logika, kata-kata, matematika, dan urutan yang disebut pelajaran akademis.
Otak kanan berurusan dengan irama, rima, musik, gambar, dan imajinasi yang disebut dengan aktivitas kreatif.
Kedua sisi otak dihubungkan melalui corpus callosum, system saklar yang sangat rumit dengan 300 juta neuron aktifnya. Ia secara konstan menyeimbangkan pesan-pesan yang datang, dan menggabungkan gambar yang abstrak dan holistic dengan pesan yang konkrit dan logis.

5. Cara otak anda menyimpan informasi
Otak anda mengklasifikasikan informasi dalam berbagai file penyimpanan seperti sebuah perpustakaan, indeks buku, atau buku rujukan. Otak menyimpan informasi dengan menggunakan asosiasi. Otak setiap orang memiliki sebuah korteks asosiasi. Ia dapat menghubungkan sesuatu yang mirip, dari berbagai bank memori.
Belajar menyimpan memori dalam pola-pola dan dengan asosiasi yang kuat adalah langkah pertama menuju pengembangan kemampuan otak yang belum dimanfaatkan. Salah satu kunci untuk memperbaiki daya ingat anda: mengaosiasikannya dengan sebuah citra yang kuat dan menggunakan satu atau lebih kemampuan otak anda.

6. Empat panjang gelombang otak yang berbeda-beda
Belajar menggunakan pikiran bawah sadar anda: Pertama, hubungkan diri anda dengan sebuah scanner elektronik dan anda akan melihat bahwa bagian-bagian otak anad dapat mengirim dan menerima informasi dalam beberapa frekuensi yang berbeda. Kedua, Scanlah otak anda ketika anda sedang terjaga, ia akan memancarkan beberapa siklus per detik. Ketiga, Scanlah ketika anda setengah tidur dan ia akan memancarkan frekuensi yang berbeda. Terakhir, scanlah ketika anda benar-benar tertidur.
Banyak peneliti yang kini yakin bahwa kita dapat menyerap informasi jauh lebih cepat dan efektif ketika otak kita berada dalam keadaan “waspada yang relaks”. Itulah sebabnya setiap sesi belajar yang berhasil selalu dimulai dengan relaksasi: membersihkan pikiran anada sehingga bawah sadar anda dapet menerima pesan yang tidak kacau dan menyimpannya dalam file yang benar.

7. Otak anda membutuhkan oksigen dan gizi
Seperti mesin-mesin kompleks yang lain, otak anda membutuhkan energi. Jika makanan anda berenergi rendah, ia tidak dapat bekerja dengan baik. Berilah ia makanan berenergi tinggi, hingga komputer pribadi anda dapat bekerja mulus dan efisien. Otak membutuhkan banyak glukosa. Inilah sebabnya buah segar dan sayuran sangat penting karena mereka kaya akan glukosa.
Dan sumber listrik otak itu adalah makanan yang baik dikombinasikan dengan okigen. Tentu saja, anda mendapat oksigen melalui pernapasan. Inilah sebabnya bernapas dalam-dalam sangat disarankan sebelum dan selama belajar: untuk mengoksidasi darah anda. Dan itulah sebabnya olahraga tidak hanya baik untuk tubuh anda, tetapi juga baik untuk otak anda. Ia memperkaya darah anda dengan oksigen.
Otak juga memerlukan pasokan gizi lain secara terus-menerus. Di antara yang utama adalahn natrium dan kalium. Setiap 100 miliar neuron anda memiliki satu juta mekanisme penyerap natrium. Dan itu sangat penting untuk mentransmisikan seluruh pesan otak. Natrium dan kalium memasoknya dengan energi. Seperti glukosa, kalium biasanya terdapat pada buah dan sayuran. Dan natrium terdapat hamper dalam setiap bahan makanan.
Kurangnya pemasukan kalium akan berakibat mengurangi aliran arus listrik di dalam otak anda, mengurangi jumlah informasi yang dapat diterima otak. Kurangnya pemasukan kalium secara drastis akan menimbulkan risiko terjadinya anoreksia, mual, muntah, mengantuk, dan pingsan. Semuanya dapat menjadi gejala bahwa mekanisme penyerapan otak anda tidak berfungsi.

8. Beberapa kiat sederhana tentang makanan otak
Cara agar otak anda bekerja efesien dalam belajar dan bekerja:
a.Sarapan setiap pagi, lebih baik dengan mengkonsumsi buah-buahan segar,
b.Makan sianglah dengan baik, disarankan untuk mengkonsumsi salad sayuran yang segar,
c.Jadikan ikan, kacang, dan sayuran sebagai sumber “lemak nabati” utama dalam diet anda,
d.Berolahragalah secara teratur untuk mengoksidasi darah,
e.Bersihkan diri dari racun dengan minum banyak air putih.

9. Kecerdasan enosionalh anda juga vital
Pikiran positif dan negatif data juga menyebabkan perubahan besar dalam cara otak memproses, menyimpan, dan mengambil informasi: emosi mengubah kemampuan belajar anda. Jika secara emosional anda sedang “bersemangat”, otak anda akan melepaskan endorfin bahkan kimia yang mirip morfin. Ini akan memicu aliran asetilkolin, neurotransmitter vital yang meminta memori baru untuk ditanam di berbagai bagian otak.

10. Kesatuan tubuh dan pikiran
Memori yang begitu penting dalam belajar disimpan dalam seluruh bagian tubuh. Dan darimana pun informasi baru memasuki tubuh entah melalui penglihatan, pendengaran, pengecapan, persentuhan, atau pembauan jejak memori tidak hanya disimpan di dalam otak, tetapi juga di dalam tubuh. Pikiran dan tubuh bekerja sebagai pikiran untuk menapis, menyimpan, belajar, dan mengingat.

18 langkah awal untuk belajar apa saja dengan lebih cepat, lebih baik, dan lebih mudah
18 tip langkah untuk belajar lebih cepat, lebih baik, dan lebih mudah:
1. Ambilah pelajaran dari olahraga
Olahraga mungkin menyunguhkan model pembelajaran yang lebih baik daripada sekolah kebanyakan. Ada sedikitnya 8 pelajaran yang dapat anda ambil:
a.Semua olahragawan berprsetasi punya mimpi.
Mereka memimpikan hal-hal yang tampaknya mustahil, dan berhasil mewujudkannya.
b.Semuanya memiliki tujuan yang spesifik.
Tujuan itu mereka jabarkan menjadi langkah-langkah sederhana yang mudah dilakukan. Mimpi yang terus-menerus mendorong mereka menciptakan keberhasilan demi keberhasilan. Yang harus terus berjuang hingga mencapai tujuan utama dan merayakan setiap keberhasilan yang telah di capai.
c.Setiap olahragaan berprestasi menggabungkan kekuatan, pikiran, tubuh, dan tindakan.
Tujuan hanya dapat diraih dengan memasukan sikap mental yang benar, kebugaran, pengaturan makanan, dan keterampilan fisik.
d.Mereka memiliki visi.
Mereka belajar memvisualisasikan tujuan mereka. Sebelum hal itu benar-benar terjadi mereka melihat prestasi mereka. Membayangkan bermain dalam pertandingan sepakbola adalah seperti melihat mereka di dalam pikiran.
e.Mereka semua memiliki gairah.
Mereka memiliki kehendak dan gairah yang kuat untuk berhasil.
f.Masing-masing memiliki pelatih, mentor, atau pembina.
Kita dapat belajar lebih banyak tentang keberhasilan sistem palatihan di perguruan tinggi daripada di kebanyakan sekolah. Kalau masih ragu, lihatlah betapa banyak atlet Olimpiade, atlet bola basket, dan bintang sepak bola yang muncul dari perguruan tinggi tempat para pelatihnya bertindak sebagai mentor, teman, dan sekaligus pembina.
g.Setiap olahragawan berpresatasi memiliki sikap positif terhadap kesalahan.
Tidak ada pelatih yang menilai kesalahan sebagai kegagalan. Semua itu hanya bagian yang sangat penting dari proses belajar.
h.Semua meraih prestasi dengan tindakan.
Olahraga adalah kegiatan nyata. Tidak akan menjadi sehat dengan membaca buku saja walaupun itu dapat membantu anda secara teori. Anda tidak dapat melatih otot dengan menonton televisi. Anda tidak dapat melakukan lompat jauh lebih dari meter di ruang kelas. Senua prestasi olahraga dicapai dengan aksi.

2. Beranilah bermimpi dan bayangkanlah masa depan anda
Hampir setiap prestasi besar di dunia dimulai dari sebuah visi. Jadi terimalah tantangan besar: beranilah membayangkan apa yang ingin anda raih.

3. Tentukan tujuan spesifik dan tetapkan tenggat waktu
Kita akan lebih mudah mempelajari sesuatu bila punya tujuan tertentu. Jika sudah anda lakukan, bagi-bagilah tujuan itu menjadi langkah-langkah kecil yang mudah dilakukan. Lalu tentukan tenggat waktu yang realistis untuk setiap langkah, sehingga anda dapat memprediksikan keberhasilan anda sejak awal.

4. Dapatkan pemandu yang antusias segera
Apapun yang ingin dipelajari, sesungguhnya banyak orang lain yang telah mempelajarinya. Begitu menetapkan tujuan, temukan orang penuh gairah yang bisa dimintai nasihat. Jika anda bertukar keterampilan dengannya itu jauh lebih baik. Prinsip yang sama berlaku jika anda ingin mempelajari teknologi baru


5. Mulailah dengan gambaran menyeluruh
Belajarlah dari penjual puzzle. Jika anda menyusun 10.000 bagian dari puzzle besar satu demi satu, anda butuh beberapa tahun untuk menyelesaikannya. Namun, kalau anda melihat gambaran keseluruhannya di kemasannya, anda akan tahu apa yang sedang anda bangun. Lalu, sangatlah mudah menempatkan setiap bagian di posisinya masing-masing.
Jika anda ingin mengunjungi suatu kota, carilah brosur wisata yang berwarna, yang akan menunjukkan hal-hal penting. Atau pergilah ke perpustakaan umum, carilah ensiklopedia dan buatlah salinannya. Nah, setelah anda mendapatkan gambaran besarnya, carilah detailnya. Anda akan tahu posisi detail tersebut dai gambaran besarnya.

6. Tanya!
Jangan ragu-ragu bertanya. Jangan pernah takut bertanya kepada pakar terbaik yang dapat anda temui meskipun anda belum pernah bertemu sebelumnya. Singkatnya, jadikan bertanya sebagai kebiasaan anda, hal paling remeh yang dapat anda pelajari dari jurnalisme.

7. Carilah prinsip utama
Dalam fotografi terdapat dua prinsip:
Pertama, bagi orang amatir: jangan pernah memotret dari jarak lebih dari 4 kaki (sekitar 1,2 meter) dari sasaran
Kedua: usahakan memotret tenpa lampu blitz, dengan kamera semiotomatis.

Dalam akuntansi biaya terdapat dua prinsip:
Pertama: tidak ada biaya yang benar-benar akurat, kecuali bisnis anda berjalan 24 jam sehari, 365 hari setahun, dengan peralatan otomatis dan pasar terjamin untuk seluruh produk anda.
Kedua: temukan titik impas, dibawah titik impas itu anda rugi jika diatasnya anda untung.
Dalam perbincangan radio, prinsip utamanya yaitu jika penyiar hanya meminta opini dari pendengar, tak peduli besar kecilnya kota ia akan mendapatkan 30 penelepon yang tidak mengetahui topik yang sedang dibicarakan.
Dalam pendidikan, prinsip utamanya yaitu orang dapat belajar paling baik dalam bidang yang sangat mereka minati, mereka dapat belajar dengan seluruh indra mereka dengan cepat.
Dalam wawancara jurnalistik, prinsip utamanya yaitu tanyakan apa dan mengapa.

8. Temukan 3 buku terbaik yang ditulis oleh praktisi handal.
Jangan mulai dari buku teks akdemik dalam bidang minat anda, temukan 3 buku terbaik yang ditulis oleh praktisi handal. Dalam bidang anda sendiri, mintalah ahlinya untuk menyarankan buku petunjuk bagi pemula.



9. Pelajaran lagi cara membaca lebih cepat, lebih baik, dan lebih mudah
Mengejutkan: hanya sedikit orang yang tahu cara membaca yang baik. Dan kami tidak sedang membicarakan teknik membaca ribuan kata per menit. Rahasianya adalah memecahkan kode buku itu, untuk menemukan rumus tiap penerbit. Prinsip yang sama berlaku dalam membaca teks bukan fiksi. Pertama tanyakanlah diri anda: mengapa saya membaca ini? Apa yang ingin saya temukan? Informasi baru apa yang ingin saya pelajari? Lalu, temukan rumus buku itu.
Jadi belajarlah membaca cepat untuk mencari poin-poin yang anda inginkan. Mulailah dengan memegang buku ini dengan satu tangan, cukup jauh dari mata anda untuk seluruh halaman biasanya skitar 50 cm. dnagn tangan yang lain gunakan telunjuk atau pulpen. Laihan menggerakkan telunjuk atau pulpen anda itu ke bawah dengan cepat di bagian tengah halaman, dan mata anda melihat tepat di atasnya, dan mengikuti ke bawah.

10. Perkuat dengan suara dan gambar
Karena telah membaca sejauh ini, anda tentu seorang pelajar yang berorientasi pada tulisan dan bersifat linguistik. Namun, anda juga dapat belajar lebih baik bila memperkuat pesan tersebut dengan gambar dan suara. Jai, periksalah apakah ada video atau audio tentang materi yang sedang anda pelajari.

11. Belajar melalui praktik
Kami sangat menekan perlunya melibatkan seluruh indra anda. Namun, sebagai pelajar mandiri, keitka anda memeriksa kursus pengantar atau tinkat mahir pastikan bahwa mereka memberika pengalaman praktis.Pendidikan biasanya tidak efektif jika memisahkan teori dari praktik. Jadi usahakan belajar melalui lebih dari satu indra. Jiak anda mempelajari, cobalah mencamkan informasi tersebut melalui indra yang lain.

12. Gambarlah peta pikiran sebagai ganti catatan linier
Oleh karna itu jangan lah mencatat, buatlah peta pikiran. Buatlah dalam bentu pohon, dengan gambar, warna, symbol, pola dan asosiasi.
Point utamanya.
1. bayangkan sel-sel otak anda seperti pohon.
2. Cobalah kembali poin-poin kunci, dari topic mana pun, diatas selembar putih dengan format pohon yang sama.
3. Mulailah dengan gagasan inti = biasanya dengan satu symbol di tengah halaman, lalu gambarlah cabang-cabangnya menyebar di sekelilingnya.
4. catat hanya satu kata atau symbol untuk setiap poin yang ingin anda ingat, satu tema utama untuk setiap cabang.
5. Letakan poin-poin yang berhubungan pada cabang utama yang sama.
6. Gunakan pensil atau spidol berwarna untuk topic-topik yang berhubungan.
7. Lukislah sebanyak mungkin gambaar atau simbol.
8. Ketika anda melengkapi setiap cabang, lingkari dengan garis batas berwarna.
9. kembangkan terus setiap peta secara teratur.

13. Cara mudah mengeluarkan apa yang telah anda pelajari
Karna otak menyimpan informasi berupa pola dan asosiasi, dan peta pikiran mencatat dengan cara yang sama, kita lebih baik menggunakan metode yang sama untuk mengingat dengan mudah.anda mmiliki memori jangka pendek dan memori jangka panjang. Dan itu menguntungkan. Metode lain adalah dengan menggukan seluruh pusat intelegensi anda, termasuk melibatkan rima, irama, repetisi, dan musik. Anda tidak perlu menghabiskan berjam-jam untuk.menghafal tertentu sangat membosankan. Setelah anda selesai membaca buku ini, tandai frase kunci dan subjudul, serta buatlah peta pikiran dari poin-poin utama. Kami sarankan anda melakukan dua hal segera setelah anda selesai membacanya:
1. Baca sekilaas poin-poin kunci yang telah anda tandai.
2. Lakukan lagi pemetaan pikiran, ini membantu anda menghubungkan gagasan-gagasan utama: dengan pola dan asosiasi. Biasanya, jika anda baru mengenal pemetaan pemikiran, anda sulit mencantumkan poin kunci hanya dalam satu kata.
14. Pelajari cara mencapai kondisi waspada yang relaks ( relaxed alertness )
Kunci utanma pembelajaran efektifdapat diringkas dalam dua kata : kewaspadaan (yang) relaks, keadaan pikiran terutama ketika anda memulai sesi pembelajaran apa saja.
Otak and bekerja sangat mirip dengan stasiun radio atau televisi pada empat panjang gelombang atau empat frekuensi utama.
Ketika anda sepenuhnya sadar dan waspada saat tertentu, atau jika anda sedang bicara, berpidato, dan menyelesaikan masalah dengan logika otak anda “mengirimkan” dan “menerima” pesan dengan frekuensi 13 sampai 25 siklus perdetik. Beberapa kalangan menyebutkan kondisi beta. Gelombang otak berhubungan paling baik dengan pikiran bawah sadar adalah 8 sampai 12 siklus per detik: alfa. Ketika anda benar-benar tertidur, otak anda beroperasi antara 0,5 dan 3 siklus per detik : delta. Dalam kondisi alfa dan betelah keadaan supermemori, bersama dengan menguatnya konsentrasi dan kreativitas, dapat diraih.

15. Lakukan,lakukan dan lakukan
Jika anda mempelajari bahasa Prancis, ucapkanlah. Jika anda belajar tentang computer, praktiklah. Jika anda mengikuti kursus memasak ala Asia, masakaan hidangan Asia untuk teman-teman anda. Jika anda ingin jadi bartendetr, campurlah berbagai minuman, Ingat pepatah olahraga: tidak ada kesalahan, yang ada hanya latihan.

16. Tinjau ulang dan renungkan
Dalam mempelajari keterampilan fisik mental seprti mengetik dan memasak, anda melatihnya dengan tindakan. Akan tetapi dalam mempelajari jenis pengetahuan lain, anda harus meninjau ulang secara teratur, Lihat lagi Peta Pikiran anda dan tinjau ulang poin-poin penting segera setelah anda menyelesaikannya. Lalu tinjau ulang dan lain yang berhubungan sebelum mucul kebutuhan spesifik terhadapnya: ketika ujian, perjalanan jarak jauh, pidato, atau apapun.

17. Gunakan alat Bantu sebagai contolan memori.
Karena memori bekerja paling baik dengan menggunakan asosiasi, kembangkan “contolan memori” Anda. Asosikan pengetahuan yang baru saja anda peroleh dengan sesuatu yang sudah anda ketahui.
Asosiasi gerakkan fisik
Misalnya belajar menghitung dalam bahsa jepang dengan mengaruk garuk lutut anda.
Asosiasi visual
Misalnya memvisualisasikan pemandangan untuk mengingat nama, menempa emas di pandai besi (blacksmith) untuk mengingat Tuan Goldsmith, gambar buaya di bawah lengkungan McDonald’s untuk mengingat penemunya, Ray Krok
Asosiasi dengan kisah visual
Menggambarkan rangkaian peristiwa untuk diingat, misalnya: planet-planet dalam posisinya terhadap bumi.
Asosiasi dengan inisial
Seperti orang penjualan mengingat kunci periklanan dengan inisial AIDA: attract Attention, arouse, Interest, create Desire, urge Action.
Asosiasi dengn ritme dan visualisasi
Misalnya untuk menghafal nomor, anda dapat menghubungkan kata bergambar dengan nomor yang akan di hafal: one/sun, two/shoe, three/tree, dan seterusnya.
Aneh, lucu, dan emosial karma “filter” otak yang meneruskan informasi ke momiri jangka panjang berhubungan erat dengan pusat emosi. Dan hubungkan asosiasi anda sebanyak mungkin indra: penglihatan, pedengaran, pembau, perasa,dan pengecap.

18. Nikmatilah berbagai permainan
Hampir semua pendidikan prgoresif saat ini menekankan perlunya menghadirkan kembali proses awal belejar yang menyenagkan. Bahkan, humor itu sendiri adalah cara yang sangat baik untuk belajar. Jadi, coba kaitkan humor dengan belajar. Buatlah permainan untuk memperkuat poin-poin kunci dengan orang-orang yang mempelajari hal yang sama bahkan kuis semacam Tak Tik Boom dapat menjadi alat Bantu yang baik.









JUDUL BUKU : REVOLUSI CARA BELAJAR
NAMA PENUSLIS : Gardon Dryden dan dr.jeannette vos
CETAKAN : 1, November 2000
2, Maret 2003
7, Oktober 2003

Tidak ada komentar:

Posting Komentar